Monday 30 January 2017

Teknik menyikat dan pengurutan kulit kepala



Teknik menyikat dan pengurutan
1.      Menyikat Rambut
Penyikatan rambut sangat perlu dilakukan, sebelum pencucian rambut dilakukan. Menyikat rambut adalah perawatan tahap pertama yang dilakukan sebelum pengurutan kulit kepala dan pencucian rambut.
Cara Melakukan Penyikatan Rambut.
Pertama kali telitilah dulu .
·            Apakah rambut klien kita terdapat sasakan? Bila sasakan yang anda jumpai pada klien tersebut agak ketat, pertama kali, buka/lepaskan sasakan tersebut dengan tangan perlahan-lahan, kemudian dari bawah yaitu dimulai dari rambut dibagian kuduk, sikat perlahan-lahan ke arah bawah dan sedikit demi sedikit luruskanlah rambut tersebut, dari bawah/kuduk ke arah atas.
·            Setelah semua rambut menjadi lurus, ulangi meluruskan rambut tersebut dengan mengunakan sisir besar. Kemudian lakukan tahap permulaan dalam pelaksanaan mencuci rambut (memasang handuk kecil, cape/celemek plastik, lalu handuk kecil lagi diatas celemek). Penyikatan rambut ini sangat perlu dilakukan sebelum pencucian rambut dimulai. Walaupun tidak disasak, penyikatan ini harus dilakukan. Penyikatan rambut sebelum pencucian dilakukan adalah untuk menjaga kesehatan rambut, jangan sampai rambut menjadi kusut setelah dicuci.

2.      Pengurutan ( Massage )
Massage, berarti memijat atau mengadakan pengurutan-pengurutan pada kulit atau kulit kepala. Perlakuan yang sudah terkenal terhadap manusia ini adalah perlakuan yang paling baik pada keadaan fisik yang tidak baik dari kulit atau kulit kepala.
Hal ini terdiri dari suatu pengurutan yang sistimatik dan gosokan dengan tangan atau alat-alat listrik, kadang-kadang massage kulit kepala dilakukan pada waktu men-shampoo (massage ringan).
Guna Massage.
Menambah/menggiatkan sirkulasi, artinya darah yang bekerjanya kurang baik/peredarannya kurang bagus, maka perlu sekali dalam dua kali satu bulan memberikan massage pada kulit atau kulit kepala, hal ini untuk memperlancar/ menggiatkan sirkulasi darah, juga akan memberikan semangat pada kelenjar-kelenjar dan otot-otot.
Urat adalah serabut suatu tenunan yang elastis yang menghasilkan gerakan. Tiap urat mempunyai kumpulan butir-butir darah sendiri. Massage menggiatkan aliran darah, karena itu mempunyai peranan yang penting dalam suatu kekuatan fisik dan suatu perasaan yang hebat.
Massage Menenangkan Syaraf
1.        Syaraf, adalah kumpulan urat serabut yang menghubungkan otak dengan semua bagian dari tubuh. Sebab utama dari kelelahan syaraf adalah karena terlalu banyak bekerja otot dan pikiran, dan jalan terbaik untuk menghilangkan rasa kelelahan ini adalah Massage.
2.        Menambah kekenyalan dari kulit kepala, dengan jalan massage. Urat syaraf otot akan relax, proses ini akan membuat kulit kepala kenyal dan enak.
3.        Memelihara pertumbuhan yang normal dan kesemarakan rambut. Semua orang dianjurkan menjalani urutan-urutan kulit kepala untuk mengadakan suatu keadaan yang normal, kondisi yang sehat dari kedua-duanya, baik rambut maupun kulit kepala.
Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam pengurutan kulit kepala :
1.        Gerakan santai. Dagu dipegang dengan tangan kiri, tangan kanan memegang dasar kepala lalu putarlah kepala perlahan-lahan.
2.        Gerakan menggeser. Taruhlah ujung-ujung jari pada tiap sisi kepala, luncurkan dengan kuat ke atas, rentangkan ujung-ujung jari sampai bertemu di atas kepala. Ulangi gerakan itu 4 kali.

3.        Gerakan meluncur dan berputar. Sama dengan gerakan kedua, tetapi sesudah meluncur ujung-ujung jari berputar 1 ½  cm pada kulit kepala. Ulangi sampai 4 kali.

4.        Gerakan dahi. Peganglah bagian belakang kepala dengan tangan kiri. Taruhlah ibu jari dari jari kanan yang direntangkan pada dahi kemudian gerakan tangan perlahan-lahan dan kuat ke atas 2 ½ cm melewati pertumbuhan rambut. Ulangi gerakan ini sampai 4 kali.

5.        Menggerakkan kulit kepala. Taruhlah kedua telapak tangan pada kulit kepala bagian kiri dan kanan. Angkatlah kulit kepala dengan gerakan berputar, mula-mula dengan tangan ditempatkan di atas telinga kemudian dengan tangan ditempatkan di depan atau di belakang kepala.

6.        Gerakan sekeliling pertumbuhan rambut. Tempatkan jari-jari kedua tangan pada dahi, lakukan urutan di sekeliling pertumbuhan rambut dengan gerakan mengangkat dan memutar.

7.        Gerakan kulit kepala depan. Gerakan memutar dan mengangkat seperti pada butir (6) tetapi ke belakang 1 ½ cm, ulangi gerakan yang terdahulu pada seluruh kulit kepala depan.

8.        Gerakan kulit kepala belakang. Taruhlah jari-jari tangan di sisi kepala mulai di bawah telingan lakukan pengurutan dengan ibu jari ke puncak kepala. Urutan dengan ibu jari berputar-putar, bekerja ke arah pusat belakang kepala. Ulangi gerakan tersebut sampai 4 kali.

9.        Gerakan dari telinga ke telinga. Peganglah dahi dengan tangan kiri, lakukan urutan dengan telapak tangan kanan dari telinga kanan ke telingakiri sepanjang dasar kepala dengan gerakan berputar-putar.

10.    Gerakan punggung. Tangan kiri memegang dahi dan berdiri di sebelaha kiri yang diraawat. Putarlah tangan kanan dari dasar leher sepanjang bahu dan kembali melalui tulang belikat ke tulang punggung, meluncur di atas tulang punggung menuju dasar leher. Ulangi gerakan tadi pada sisi yang berlawanan.

11.    Gerakang bahu. Tempatkan kedua telapak tangan bersama pada dasar leher dengan gerakan berputar, lakukan urutan sepanjang tulang belikat ke pusat bahu dan kembali lagi. Kemudian lakukan urutan bahu ke punggung dan kembali lagi.

12.    Gerakan tulang punggung. Tangan kiri memegang dahi, jari-jari  tangan kanan mengurut dengan gerak putar dari dasar kepala, turun ke tulang punggung. Dengan tekanan jari yang kuat, pelan-pelan naik ke dasar kepala.
 

No comments:

Post a Comment