Monday 30 January 2017

Beberapa Teknik Mengeringkan Rambut



Beberapa Teknik Mengeringkan Rambut

1.   Dengan Handuk.  
a.         Pertama-tama perhatikan cara membilas rambut setelah penshampoo-an yang terakhir, apabila sudah terasa pada tangan kita rambut bersih dari shampoo serta tidak terlihat lagi sisa-sisa busa shampoo, dengan kedua telapak tangan kita, turunkanlah air dari rambut, kemudian bungkuslah dengan handuk dan lipat dengan rapih, lalu jepitlah lipatan handuk dengan jepit bergigi agar tidak lepas lagi.
b.        Bila sampai di tempat duduk semula, lepaslah lipatan handuk tersebut, dan perlahan-lahan keringkan rambut klien dengan cara menekan-nekan pada rambut sampai kering dengan handuk kering (dry towel).
      Peringatan :
      Janganlah mengeringkan rambut mempergunakan handuk dengan cara mengosok gosokkan pada rambut. Dapat mengakibatkan rambut menjadi panas dan kulit ari atau kulit batang rambut mengembang, terlihat pada rambut terjadi penguapan berlebihan, akibatnya rambut menjadi kering dan rapuh/mudah patah, serta pecah-pecah pada ujung rambut
c.          Seterusnya lakukanlah perawatan yang dikehendaki klien/langganan.
d.      Apabila selesai melakukan semua pekerjaan, kembalikan alat-alat pada tempatnya, dan handuk bekas dipakai masukkan ke dalam ember/tempat bak plastik yang tertutup.
e.       Apabila anda memulai bekerja dan telah selesai bekerja, cucilah tangan anda dengan sabun anti - septik, keringkan dengan handuk, berikan sedikit cream agar kulit tangan tetap halus.
Catatan :
Agar diingat bahwa anda membilas rambut, sisa shampoo jangan sampai ada yang tertinggal. Sisa shampoo dapat mengakibatkan penyakit mutiara yang tumbuh melekat pada batang-batang rambut. Batang rambut yang tertutup oleh butir-butir mutiara tersebut akan terganggu, dan akibatnya rambut akan mudah patah/rapuh, karena fungsi batang rambut terganggu.
Penyakit mutiara dapat pula tumbuh pada batang rambut, karena pemakaian shampoo yang keras, serta shampoo yang tidak cocok/tidak sesuai dengan jenis rambut.

2.   Dengan Menggunakan Alat-Alat Pengering Rambut.
a.       Apabila anda menggunakan alat pengering rambut yang dipegang tangan (hand dryer atau hair dryer), sebaiknya gunakanlah hair dryer yang menggunakan daya ±450 watt. Sebab apabila mengunakan hair dryer yang terlalu panas, rambut akan menjadi rusak. karena panas hair dryer akan mematahkan batang-batang rambut/menghanguskan batang-batang rambut.
b.      Jangan mengunakan hair dryer terlalu dekat dengan rambut, dapat mengakibatkan rambut menjadi kering. Jarak antara hair dryer dengan rambut sebaiknya ± 50cm. Demikian pula apabila anda mengeringkan rambut dengan mengunakan alat pengering yang disebut droog-kap ialah suatu alat untuk mengeringkan rambut berupa kap besar yang berisi alat yang sistim pemanasnya seperti seterika (menggunakan nikli sebagai sumber panasnya dihembus oleh suatu kipas) maka keluarlah dari droog-kap tersebut angin panas yang digunakan untuk mengeringkan. Karena alat ini mengeluarkan angin panas, maka sebaiknya rambut yang dikeringkan jangan terlalu dekat memasang kap tersebut dengan rambut kepala, dapat menghanguskan rambut. Sebelum dimasukkan dalam droog-kap, rapihkan letak rambut/rol pengulung rambut, pasanglah tutup telinga yang terlebih dahulu dialas kapas (agar telinga kontak langsung dengan plastik tutup telinga ) di telinga terasa sangat panas. kemudian tutuplah rambut dengan net/hairnet untuk menutup rambut yang akan di-set pasanglah yang rapi, dijepit dengan jepit lidi/pincurl, serta jangan ada hairnet yang tidak terjepit, dikhawatirkan dapat menyangkut kedalam kap dan dapat terjadi hubungan pendek/karena rambut dalam keadaan basah, dan hairnet menyangkut ke dalam alat kap yang lagi berputar.
c.       Jangan terlalu sering mengeringkan rambut (blow drying) dapat mengakibatkan rambut kering dan patah-patah, sehingga kelihatan pecah-pecah dan merah pada ujung-ujung rambut.

No comments:

Post a Comment