Monday 30 January 2017

Komposisi dan penggunaan kosmetika perawatan dan penataan rambut



Komposisi dan penggunaan kosmetika perawatan dan penataan rambut
Adapun komposisi dan  penggunaan kosmetika perawataan dan penataan rambut adalah sebagai berikut :
a)      Zat Pembentuk Busa ( foam builder ).
Zat ini diperlukan pada shampoo agar memperoleh busa yang banyak. Pemakai shampoo merasa belum puas jika shampoo yang digunakan belum berbusa banyak, tetapi sebetulnya pengaruh dari busa pada shampoo tidaklah terlalu banyak bahkan shampoo tanpa busa pun membuahkan hasil yang sama baiknya. Jadi penggunaan zat ini lebih banyak karena faktor “memuaskan konsumen”.
b)      Zat Pengasing ( sequestering agent ).
Kegunaan dari zat ini adalah sebagai pengikat garam-garam kalsium dan magnesium yang menyebabkan air bersifat keras jika bertemu dengan shampoo sehingga mengakibatkan endapan pada rambut. Penambahan zat pengasing ini akan menjamin daya pembersih shampoo secara maksimal.
c)      Zat Pembening ( clarifying agent ).
Tujuan pemakaian zat pembening ini agar shampoo tampak lebih menarik di pandang. Zat ini tidak ada pengaruhnya dengan daya pembersih shampoo yang bersangkutan.
d)     Zat Pengawet ( preservative agent ).
Zat ini bertujuan untuk membuat shampoo tahan lama penyimpanannya ( awet ) mengingat shampoo mudah rusak oleh bakteri.
e)      Zat Pewangi ( parfum ).
Zat ini memiliki tujuan memberikan ciri khas ( identitas ) pada shampoo tersebut. Selain itu zat ini untuk menjadikan shampoo terlihat lebih menarik. Pewangi pada shampoo bertujuan pula untuk mengikat pemakainya melalui bahan wewangian dengan menjadikan shampoo tersebut suatu kepribadian tersendiri.
f)       Zat Pengkondisi ( contitioner ).
Zat pengkondisi ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya keadaan rambut yang kering, kasar dan berujung pecah-pecah. Beberapa faktor penyebab kerusakan rambut diantaranya adalah karena penyasakan, pengeritingan, pewarnaan dan penghilangan warna secara tidak tepat sehingga rambut nampak kusam, kasar dan sulit ditata. Untuk itulah digunakan conditioner agar rambut mendekati keadaan rambut sehat dan normal untuk sementara waktu.

No comments:

Post a Comment