Monday 30 January 2017

PENATAAN RAMBUT PENDEK DAN RAMBUT PANJANG



PROSES PENATAAN

1.      Penataan bagi rambut pendek
Setelah rambut yang dipratata tadi kering di bawah kap pengering, maka roller-roller dilepaskan dan untuk menghilangkan ketegangan kulit kepala dapat dilakukan pengurutan (massage) seperlunya. Untuk menghilangkan bekas garis-garis roller pada kulit kepala dan dahi, perlu juga penyikatan.
Kemudian rambut disasak  dengan sisir sasak,  dan penataan dapat segera dilakukan. Guna mempertahankan bentuk tata rambut yang telah dihasilkan, dilakukan penyemprotan dengan hair-spray. Penyemprotan hendaknya   dilakukan dari jarak kira-kira 50 cm dengan gerakan melingkar, atau penyemprotan secara terputus-putus, sehingga menghasilkan  semprotan yang merata.
Apabila sifat rambut model kering dan   kusam, dapat diberikan semprotan ”hair-shine” secukupnya. Menjelang dilakukan penyemprotan baik dengan hair-spray maupun dengan hair-shine, kepada model perlu perlu diberikan penutup muka untuk mencegah semprotan itu mengenai wajahnya.

2.      Penataan bagi rambut panjang
Penataan rambut panjang dan pembuatan sanggul dengan “hair-piece” , lazim dilakukan setelah mata ujian pengecatan. Hal ini dapat dipilih membuat sanggul dengan hair-piece, atau dengan rambut cemara, atau menyanggul dengan rambut model itu sendiri.
Jika ingin memilih membuat sanggul dengan hair-piece, maka penataan  hair-piece harus dikeringkan di ruang ujian. Model penataan diserhkan sepenuhnya kepada peserta ujian yang bersangkutan dan warna hair-piece harus sama dengan rambut model (yang baru saja dicat). Cara pemasangan hair-piece harus cukup ketat, dan sebelum dipasangkan, keadaan rambut model sendiri harus sudah dalam keadaan di sisir rapi. Jepit-jepit dan haarnaald harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak kelihatan.
Jika ingin memilih membuat sanggul dari rambut model sendiri, maka penyanggulan dapat segera dilakukan. Akan tetapi bila dikehendaki penyanggulan dengan memakai tambahan  rambut cemara, maka rambut cemara dapat dibuat terlebih dahulu (berbentuk gelung Jawa) yang dikerjakan di ruang ujian, atau bersama digabung dengan rambut model itu sendiri. Kemudian dilakukan pemasangan jala rambut dan dapat pula ditambah hiasan-hiasan sanggul seperlunya.

No comments:

Post a Comment