Monday 30 January 2017

Ciri-Ciri dan Cara Perawatan Rambut Kering



Kelainan tersebut dapat terjadi karena keadaan kelenjar palit/kelenjar lemak kurang giat bekerjanya, sehingga hasil minyak/palit kurang dari keadaan normal akibatnya penampilan kulit kepala dan rambut menjadi kering. Penampilan ini menyatakan bahwa kulit kepala dan rambut mempunyai jenis/type rambut. Kelenjar palit/lemak disebut juga sebaceous (oil) gland. Pada satu kepala kadang-kadang terjadi pula bahwa kulit kepala normal akan tetapi keadaan rambutnya kering.

Tanda-tanda jenis rambut kering

  1. Bersuara bila dipegang dan pada rabaan terasa kaku serta penampilannya gersang dan pudar.
  2. Warna rambut pirang/kemerahan tidak mempunyai pamor/cahaya semarak.
  3. Keadaan pertumbuhan rambut tidak seperti pertumbuhan rambut normal, tetapi pertumbuhannya sering tipis, rambut menjadi rapuh/fragil. Karena rambut rapuh/mudah putus, meninggalkan bekas trichoptilosis (ujung-ujung rambut terbelah-belah ) dan berwarna pirang muda.
  4. Rambut dan kulit kepala dalam keadaan kering ini harus segera mendapat perhatian yang khusus.
  5. Perawatan untuk jenis/type rambut dan kulit kepala kering adalah creambath, sebaiknya satu minggu sekali selama 3 bulan, dan perawatan tersebut harus dilakukan berurutan secara teratur. Setelah waktu 3 bulan selesai, kita perhatikan lagi keadaannya, bila sudah normal keadaannya perawatan dirobah, yaitu 2 (dua) minggu sekali selama 3 bulan, kemudian setelah waktu tersebut selesai, perawatan kita robah lagi menjadi tiap bulan sekali saja telah cukup, karena bila rambut dan kulit kepala sudah normal dan sehat, perawatan cream bath cukup satu bulan sekali.
  6. Keadaan kelainan pada jenis/type rambvut/kulit kepala yang kering ini, biasanya diikuti oleh kelainan yang berujud ketombe/sindap kering tersebut pula pityriosis, simplex/pityriasis sicca.

Langkah-langkah khusus dalam perawatan untuk jenis rambut atau kulit kepala kering

·         Rambut dengan penampilan merah dan ujung-ujungnya bercabang-cabang sangat mengurangi keindahannya. Mula-mula guntinglah ujung-ujung rambut yang bercabang-cabang (trichoptilosis) tersebut.
·         Untuk mencuci kulit kepala/rambut kering tersebut dengan menggunakan egg shampoo/shampoo telur.
·         Bila rambut kering ini akan dikeriting, berikanlah pada ujung-ujung rambut cream colestrol emulation untuk menahan sifat alkalisnya obat keriting terhadap rambut kering tersebut. Setelah rambut selesai dikeriting, dan telah dicuci bersih, berikab cream conditioner, biarkan sebentar, kemudian dicuci lagi dengan air saja tanpa shampoo. Setelah bersih baru dipratata.
·         Bila keadaan rambut kering diderita oleh sepanjang batang rambut seluruh kepala, sebaiknya cream kolestrol emulation diberikan pula pada sepanjang rambut diseluruh kepala, tetapi jangan terlalu banyak cream yang dilumaskan pada batang rambut tersebut, cukup tipis saja tapi merata.

No comments:

Post a Comment