Monday 30 January 2017

Berbagai Penyakit pada Rambut



Penyakit-penyakit rambut yang tidak menular.
Penyakit rambut dan kulit kepala yang tidak menular, ada beberapa, yaitu:
a.   Cinities adalah istilah untuk rambut ubanan. Canitis = poliosis terjadi karena perubahan wama rambut menjadi kelabu atau putih/uban, karena pigment melanin menghilang terdesak oleh hawa. Sebab hilangnya pigment melanin karena usia tua, cacad bawaan, keturunan, belum waktunya. Ada dua macam Canities, yaitu :
-            Congenital canitis sejak lahir, dapat terjadi albino/sejak dilahirkan tidak memiliki zat wama pigment, terjadi canitis pada Congenital Canitis banyak ditemui, sekelompok rambut dikepala. Kelainan ini karena keturunan.
-            Acquire Canities yang muncul setelah orang berumur, atau mungkin pada menjelang usia dewasa. Pada jenis kedua, disebabkan tekanan mental, kecemasan, nervous, sakit yang lama, atau mungkin karena turunan. Ringed hair : terdapat rambut putih (uban) dan gelap pada sehelai batang rambut.
  Ringed hair = Pili anulati
b.  Trichoclasia. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya pada batang-batang rambut tersebut suatu kelainan, sebab matrix rambut terganggu. Akibatnya pada batang rambut timbul wama seling-seling putih. Bagian batang yang seling-seling putih, akan mudah putus (rapuh), karena tidak mendapat oxigen merata pada setiap batang rambut. Hal ini terjadi pula pada kelainan mutiara.
c.  Trichoptilosis, ialah ujung rambut pecah-pecah menyerupai serabut, hal ini timbul karena kurang perawatan, gizi kurang baik, pemakaian kosmetik tidak tepat, terkena terik matahari, keseringan menggunakan alat listrik untuk perawatan rambut.
d.  Hypertrichosis, atau hirsuties berarti rambut yang terlampau tebal, kerena pertumbuhan rambut yang abnormal, hypertrichosis terjadi pada pria, sedangkan hirsuties terjadi pada wanita.
      Perawatannya:
-            Untuk rambut hitam - cabuti dengan pinzet.
-            Untuk beberapa hal - dengan electrolysis atau shaving.
e.  Trichorhexis nodosa, ialah batang rambut pada jarak tertentu membesar/ menebal, kemudian rambut akan pecah-pecah seperti serabut ujungnya, dan kadang terjadi simpul-simpul. Hal ini karena rambut kekurangan minyak alam dan kekurangan zat protein, sehingga terjadi kemunduran pada kwalitas keratin batang rambut.
f.  Monilethria/Moniletrix, ialah pada rambut terlihat jarak tertentu batang rambut tumbuhnya menebal kemudian menipis, kemudian putus-putus dan pada ujung rambut seperti serabut. Biasanya kulit kepala kering (agak sukar diobati sebab keturunan).
g.  Fragilitas Crenium/fragil ialah rambut menjadi rapuh/mudah putus karena overprocessing, sehingga rambut menjadi kering dan menipis, sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah putus. Rambut yang telah putus pada ujungnya bercabang-cabang.
h. Trichotilomania ialah kebiasaan mencabuti rambut, disebabkan kebiasaan, bisa menjadi kejiwaan, akibatnya adalah kebotakan (alopecia).

No comments:

Post a Comment