Monday 30 January 2017

Cara Membersihkan Alat-Alat Salon



Alat-alat salon tata kecantikan dapat disucihamakan secara praktis de­ngan :
1.        Cara-cara berdasarkan ilmu fisika:
Ø  Panas lembab.
Dengan merebus dalam air mendidih atau mengukus selama 20 menit alat-alat yang terbuat dan logam atau gelas menjadi sucihama. Sebagai sterilisator (alat untuk mensterilkan) dapat digunakan panci atau sterilisator khusus (dipanaskan dengan membakar spiritus atau dengan listrik) dan pengukus.
Ø  Panas kering. keadaan sucihama tercapai dengan:
§   membakar    : alat-alat yang terbuat dari logam atau keramik.
§   memanggang : alat-elat yang terbuat dari logam atau keramik; Juga untuk tenunan (handuk, penutup rambut, dan sebagainya) setelah dibungkus dalam kertas dan dipanggang dalam open. Umumnya dengan membakar dan memanggang pisau dan gunting akan lekas menjadi tumpul.
§   menyeterika : tenunan setelah dibungkus dalam kertas pembungkusnya coklat-hangus.
Ø Penyinaran dengan sinar ultraviolet.
Ini dilakukan dalam kotak/almari dengan lampu ultraviolet untuk semua macam alat, terutama yang tidak dapat dipanaskan. Juga dipakai untuk menyimpan alat-alat yang sudah disterilkan dengan cara lain.
2.        Zat-zat kimia.
a.    Larutan zat kimia yang mematikan semua bentuk bibit penyakit. Larutan ini ditempatkan dalam semacam stoples (Wet sanitizer) dan alat-alat direndamkan dalam larutan tadi. Untuk tujuan ini dapat dipakai larutan alkohol 70%, amonium kuaternar, klorheksidin (Savlon), povidone-yodium (betadine), formalin. Alat-alat yang terbuat dari besi akan berkarat_
b.    Uap yang mematikan semua bentuk bibit penyakit (fumigant). Untuk tujuan ini dipakai formalin (dalam bentuk tablet atau sebagai cairan) yang diletakkan dalam sterilisator seperti stoples dan kemudian menguap. Alat-alat yang akan disterilkan ditaruh dalam stop­les misalnya alat-alat yang terbuat dari kain, karet atau plastik. Alat-alat dari besi akan berkarat.

No comments:

Post a Comment