Monday 30 January 2017

Arah Pertumbuhan dan Densitas Rambut



Arah Pertumbuhan dan Densitas Rambut
Densitas rambut adalah banyak sedikitnya rambut atau kelebatan rambut per inci persegi yang tumbuh di kulit kepala. Kelebatan rambut tidak berpengaruh terhadap perkembangan jenis rambut. Bibit rambut itu sudah ada dan menyebar rata di seluruh permukaan kulit, ketika janin berusia 4 bulan dalam kandungan. Menjelang akhir bulan ke-6 atau awal bulan ke-7 usia kandungan, maka rambut pertama berupa rambut lanugo, yaitu rambut khusus bayi dalam kandungan mulai tumbuh di permukaan kulit.
Kecepatan pertumbuhan rambut adalah sekitar sepertiga milimeter per hari atau sekitar 1 cm per bulan. Pada waktu-waktu tertentu, pertumbuhan rambut itu terhenti dan setelah mengalami istirahat sebentar, rambut akan rontok sampai ke umbi rambutnya. Tetapi sementara itu, papil rambut sudah membuat persiapan rambut baru sebagai gantinya. Jadi pertumbuhan rambut akan mengalami pergantian melalui tiga fase, yaitu fase pertumbuhan ( anagen ), fase istirahat ( katagen ) dan fase kerontokan ( telogen ) barulah kemudian dimulai dengan fase anagen yang baru.
Lama masing-masing fase berbeda-beda, yaitu fase anagen lamanya sekitar 2 – 5 tahun dengan rata-rata 3 tahun atau 1000 hari. Mesi demikian, kadang-kadang ada yang sampai lebih dari 10 tahun sehingga rambutnya bisa lebih dari 1 meter panjangnya. Itulah sebabnya jangan merasa heran kalau ada orang yang rambutnya sampai sepanjang lutut atau betisnya. Fase katagen singkat saja, hanya beberapa minggu. Fase telogen rata-rata berkisar 100 hari.

No comments:

Post a Comment