Monday 30 January 2017

Jenis-jenis shampo



 Jenis-jenis shampo
Jenis shampoo pun terbagi ke dalam 2 bagian, yaitu :
(1)    Shampoo Kering.
Pengertian shampoo ini adalah shampoo yang penggunaanya tidak menggunakan air. Penggunaan shampoo ini menggunakan cairan spiritus ( liquid spirit type ) dan serbuk atau bubukan shampoo ( dry powder type ).
§  Liquid Spirit Type
Cairan yang terdapat dalam shampoo jenis ini adalah bensin, tetraklorida atau isopropil alkohol. Minyak, lemak serta kotoran rambut lainnya akan mudah larut jika terkena cairan ini. Pemakaian shampoo ini dengan cara memercikkan  cairan ke rambut secara merata, lalu dibiarkan beberapa waktu. Rambut dibersihkan menggunakan handuk kering.
Pada dasarnya penggunaan shampoo jenis ini kurang menjamin kesehatan batang rambut karena kandungan cairan di dalamnya bersifat beracun, mudah terbakar dan memiliki daya pelarut yang amat besar terhadap minyak alami rambut. Jika penggunaan terlalu sering maka rambut akan berakibat sangat kering, tidak bercahaya dan porus.
§  Dry Powder Type
Cara pengunaannya langsung tanpa campuran air.
Ada dua macam powder dry shampoo :
  • Shampoo bubuk kering/powder dry shampoo, adalah shampoo biasa, tetapi berujud powder dalam kemasan bungkusan. Shampoo ini dapat dipakai untuk mencuci rambut dengan cara seperti keramas biasa.
  • Shampoo bubuk kering/powder dry shampoo, dibuat untuk digunakan powder dry shampoo ini ialah : dengan menaburkan secara merata keseluruh rambut klien/si sakit, kemudian diratakan dengan tangan, kemudian rambut disikat sedikit-sedikit untuk membuang shampoo tersebut bersama kotoran rambut dari kulit kepala. Jadi penggunaan shampoo ini tanpa menggunakan air. Powder dry shampoo ini dibuat khusus untuk membersihkan rambut orang yang menderita penyakit dan tidak boleh terkena air.

(2)    Shampoo Basah.
Pengertian dari shampoo basah ini adalah jenis shampoo yang dalam penggunaannya menggunakan air, baik sebagai pencampurannya maupun dalam pembilasannya.
Berikut adalah beberapa jenis shampoo basah yang sering dijumpai di umum :
§  Shampoo Normal untuk rambut normal/netral. Shampoo ini dapat dipakai untuk mencuci rambut jenis apapun. Tetapi akan lebih tepat bila disesuaikan dengan jenis rambut masing-masing.
§  Shampoo Lemon ( shampoo jeruk ) untuk rambut berminyak. Shampoo lemon mengandung bahan yang dapat melarutkan lemak-lemak serta dapat melarutkan kotoran yang mengendap bercampur sebum dan menempel pada kulit kepala. Shampoo lemon ini hanya cocok untuk jenis rambut berminyak saja. Apabila rambut normal selalu di cuci dengan mempergunakan shampoo lemon, rambut normal tersebut dapat menjadi kering. Shampoo ini menggunakan bahan dasarnya yaitu asam sitrat ( pH-balanced shampoo ). Sifat dan cara kerjanya sama dengan pembilas asam ( acid rinse ).
§  Egg Shampoo ( shampoo telur ) untuk kering. Egg shampoo mengandung suatu bahan lanolin, yang sangat bermanfaat bagi rambut kering. Penggunaan egg shampoo yang teratur dalam mencuci rambut kering tersebut, akan menjadikan rambut kering menjadi normal kembali. Egg shampoo tidak baik untuk mencuci rambut berminyak, karena egg shampoo mengandung suatu lanolin yang sifatnya seperti telur (mengandung semacam lemak). Shampoo jenis ini mempunyai bahan dasar telur, lesitin yang terdapat dalam kuning telur dan kacang kedelai. Putih telur sangat baik untuk jenis rambut berminyak sehingga memudahkan dalam pembersihan. Kuning telur baik digunakan untuk rambut berjenis kering dan tipis, juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai conditioner.
§  Cream shampoo ( krim shampoo ) adalah shampoo yang dibuat berbentuk cream. Kadang-kadang cream shampoo dimasukkan dalam tube sebagai kemasannya, tetapi sering dijumpai dalam kemasan pot. Cream shampoo baik sekali untuk merawat rambut normal kombinasi kering (rambut normal condong ke kering). Krim shampoo berbentuk seperti susu kental dan mengandung senyawa minyak yang berfungsi sebagai pembersih rambut dan sebagai conditioner. Cara menggunakan cream shampoo, sebaiknya larutkan dulu dalam air panas, setelah larut baru dipergunakan. Cream shampoo, bila langsung dipergunakan, akan meninggalkan sisa yang menempel pada rambut, dan kurang baik akibatnya.
§  Oil Shampoo ( shampoo minyak ). Bahan dasar shampoo ini menggunakan minyak cemara, minyak zaitun, minyak kelapa sawit, minyak badam ( amandel ) dan minyak tumbuh-tumbuhan lainnya. Tujuan penggunaannya adalah membersihkan batang rambut dari kotoran lemak dan sabun serta meninggalkan lapisan tipis minyak setelah rambut dicuci. Shampoo ini baik digunakan untuk rambut yang bersifat kering.
§  Shampoo Bir dan Shampanye ( beer and champagne shampoo ). Sifat shampoo ini adalah sedikit asam dan karenanya baik untuk rambut porus dan rambut halus. Bahan-bahan  yang terdapat dalam shampoo ini akan melapisi batang rambut dengan selaput tipis sehingga rambut dengan imbrikasi yang sudah dibuat menutup itu terasa lebih halus dan lebih tebal.
§  Shampoo Anti Luntur ( nonstripping shampoo ). Shampoo jenis ini biasanya dibuat oleh pabrik kosmetika yang juga memproduksi kosmetik pewarna rambut sehingga rambut yang telah diwarnai tidak menjadi kusam ataupun luntur jika menggunakan shampoo tersebut.
§  Shampoo Peroksida ( peroxide shampoo ). Shampoo ini dibuat dengan pencampuran shampoo biasa hidrogen dengan larutan amonia menurut takaran tertentu. Shampoo ini membuat rambut tampak lebih cemerlang dengan warna yang lebih muda. ( brightening / highlighting shampoo ). Efek warna terjadi tergantung dari warna asli rambut, kekuatan shampoo peroksida dan berapa lama shampoo tersebut dibiarkan tinggal di rambut sebelum pencucian. Jika shampoo tersebut berkekuatan cukup tinggi dan sering digunakan maka akan timbul perbedaan warna yang cukup mencolok antara rambut yang telah sering dishampoo dengan warna rambut yang baru tumbuh.
§  Medicated Shampoo ( shampoo obat ). Shampoo ini mengandung zat pembunuh kuman atau bakterisida untuk mengatasi keadaan kulit kepala dari gangguan seperti luka-luka kecil, penumpukkan atau penebalan keratin kulit serta keadaan kulit kepala yang sangat kering. Shampoo ini digunakan untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan pada kulit kepala.
§  Treatment Shampoo ( shampoo perawatan dan pengobatan).  Shampoo jenis ini memiliki fungsi untuk mengatasi terjadinya gangguan rambut dan kulit kepala, seperti ketombe dan sebagainya. Shampoo ini pada umumnya mengandung zat desinfektan, selenium sulfida ( seng pirition / zinc-pyrithione ). Pemakaian shampoo ini jangan sampai terkena mata si pemakai karena kebanyakan shampoo jenis ini mengandung zat racun yang dapat menimbulkan kerusakan mata dan alergi.
§  Pembilas Cuka ( vineger rinse ). Pembilas ini digunakan untuk menanggulangi kusutnya rambut akibat proses penyasakan yang menyebabkan sel-sel selaput rambut terbuka sehingga rambut saling bertautan. Pembilas cuka  secara sederhana dapat dibuat dengan mencampur 4 sendok makan cuka ke dalam 1 liter air hangat. Pembilas ini dipakai pada saat pembilasan terakhir setelah penshampoan. Rambut masih perlu dibilas lagi dengan air biasa untuk menghilangkan baunya.

No comments:

Post a Comment