Monday 30 January 2017

Ciri-ciri dan Cara Perawatan Rambut Berminyak



Untuk mengetahui kulit kepala berminyak dengan cara menekan dengan ujung jari dan sedikit digosokkan, hasilnya akan terlihat pada ibu jari mengkilap serta agak sedikit basah/lembab dan sedikit terasa lengket. Karena rambut selalu lengket, mengakibatkan rambut sukar diatur serta disasak. Demikian pula bila rambut dikeriting dalam keadaan basah/lembab oleh minyak akan sulit dalam proses pengeritingan sebab disela-sela imbrikasi rambut terdapat sebum/minyak dari kelenjar palit. Proses obat keriting selalu terdorong ke luar oleh sebum yang berada disela-sela imbrikasi rambut tersebut.
Tanda-tanda rambut berminyak :
  1. Rambut kadang-kadang tumbuh lebat.
  2. Sangat elastis, karena rambut selalu basah, apalagi rambut tersebur terkena udara panas. Rambut dalam keadaan basah/lembab dan sangat akan meningkatkan daya mulur/melar dapat dicapai 40% hingga 50% bagi rambut basah/lembab dan panas atau hangat.
c.       Karena rambut selalu basah/lembab kotoran/debu mudah melekat, rambut selalu lengket antara rambut dengan rambut dan kelihatan kaku. tidak indah/gemulai, sukar ditata.
d.      Kalau dipegang rambut terasa ditangan lembab/basah oleh minyak dari kelenjar palit/lemak, pada penglihatan rambut selalu saling melengket dengan rambut lain, rambut terlihat mengkilap. Keadaan kelainan pada jenis rambut berminyak ini, biasanya diikuti oleh kelainan ketombe/sindap basah disebut Pityriasi steatoides. Sindap basah sebaiknya dirawat oleh dokter atau dapat disinar dengan sinar infra merah.
Langkah-langkah khusus dalam perawatan untuk jenis rambut berminyak :
  • Langkah pertama, cucilah rambut berminyak dengan air hangat, sambil disiram sedikit demi sedikit, gosoklah kulit kepala serta rambut perlahan-lahan agar minyak/lemak yang menempel pada kulit dan rambut terbawa oleh air hangat.
  • Setelah rambut terasa lunak oleh rabaan tangan, berarti minyak/lemak yang menempel pada rambut dan kulit kepala sudah Jarut terbawa air hangat. Disediakan shampoo lemon untuk mencuci rambut berminyak.
  • Menshampoo rambut berminyak harus dilakukan dua atau tiga kali hingga rambut bersih benar.
  • Kemudian dibilas dengan air bersih/air lunak hingga sisa-sisa shampoo terangkat semuanya.
  • Keringkan dengan handuk, seterusnya dapat dilakukan perawatan yang dikehendaki.

No comments:

Post a Comment