Monday 30 January 2017

Penyakit Pada Kulit Rambut



Penyakit-penyakit kulit Rambut
a.         Dermatis : adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan suatu keadaan kulit yang kelihatan merah seperti terbakar.
b.        Excema : adalah penyakit kulit yang akut dan kronis, ada yang kering dan basah. Diikuti dengan rasa gatal, panas/nyeri dan rasa lainnya yang tidak enak. Semua problema tentang exema harus ditangani oleh dokter ahli penyakit kulit. Sebabnya tak di ketahui. Biasanya juga karena pengaruh mental depressi/tekanan mental, atau karena keturunan.
c.         Psoriasis : penyakit kulit yang sering terjadi, kronis, sebabnya juga tak diketahui. Sering terdapat di kulit kepala, siku-siku, lutut, dada dan punggung bagian bawah. Kulit kelihatan bersisik-sisik putih. Jika kena sesuatu, darah mudah keluar. Daerah psoriasis ini bisa meluas kalau terluka.
d.        Herpes Simplex : Infeksi virus yang tidak diketahui sebabnya, biasanya disebut fever blisters. Bintil-bintil pada kulit berisi air pecah, pada kulit disekeliling luka berwama merah dan bengkak. Biasanya terdapat di bibir, di lobang hidung. ada di wajah, biasanya sembuh tak lebih dari seminggu. Keadaan-keadaan tersebut diatas disebabkan karena obat-obatan kimia atau pengecatan. Beberapa orang dapat menjadi alergi karena bahan-bahan tertentu, aniline derivative tints atau cold wabing lotion, antiseptic dan aniline derivative tints bisa menyebabkan infeksi kulit yang disebut dermatitis veneta. Penting bagi seorang Cosmetologist mengetahui cara-cara pencegahannya seperti penggunaan sarung tangan plastik (rubber gloves) atau cream pelindung, jika diperlukan.
e.         Trichonodosis, Suatu keadaan dimanaa rambut terikat (menyimpul) sendiri, rambut tampak pendek, ikatannya disebelah atas dari mulut follicle. Pada sehelai rambut, mungkin terjadi lebih dari satu ikatan. Rambut kering, kasar, cenderung untuk mudah terbelah. Sulit untuk disikat ataupun disisir, sebab-sebabnya penyempitan pada pori-pori kulit sehingga rambut akan keluar dari pori-pori tertutup, maka terjadi penyimpulan pada rambut, kadang-kadang terjadi juga karena pemakaian shampoo sangat alkalis. Penyembuhannya adalah mengetahui sebab-sebabnya dahulu, lalu dihindar,
f.         Moniletrhrix, Suatu keadaan yang dibawa sejak lahir, dimana tangkai rambut tampak melembung, karena susunan fibril longgar dan tidak rata pada tiap batang rambut, berselingan dengan bagian yang tipis, rambut ini mudah putus pada bagian yang fibrilnya longgar dan meninggalkan ujung rambut seperti sikat (berkelok-kelok seperti sikat kwas).
g.        Pilitorti. Suatu keadaan yang dibawa sejak lahir pula, dimana tangkai rambut tampak datar dan berputar ditengah-tengah. Dibawah sinar lampu, rambut tampak berkilat-kilat, karena refleksi/pantulan sinar dari lampu yang terputar. Berbagai proses seperti mengecat, mengeriting, ataupun bleaching sangat dilarang bagi rambut jenis ini, tetapi rambut dapat dijaga tetap normal dan semarak dengan memakai hair Conditioning atau cram bath setiap bulan sekali.
Rambut jenis ini tidak dapat diberikan perawatan pengeritingan dan pengecatan. Bagaimanapun juga, ketiga jenis penyakit diatas tidak dapat disembuhkan, oleh seorang ahli penata rambut, namun dapat bekerja sama dengan seorang dokter ahli kulit.

No comments:

Post a Comment