Monday 30 January 2017

Kosemtika perawatan dan penataan rambut



Kosemtika perawatan dan penataan rambut
Kosmetika adalah bahan atau campuran bahan untuk digosokkan, dilekatkan, dituangkan, dipercikkan atau disemprotkan pada, dimasukkan dalam, dipergunakan pada badan atau bagian badan manusia dengan maksud untuk membersihkan, memelihara daya tarik atau mengubah rupa dan bukan termasuk golongan obat.
Yang dimaksud dengan kosmetika perawatan rambut adalah shampoo untuk mencuci rambut, condisioneer untuk mengembalikan kondisi rambut ke keadaannya yang baik ( tidak kering, lebih lentur dan mudah disisir setelah mencuci rambut ) dan hair tonic untuk menyehatkan akar rambut dan kulit kepala.
Bahan utama yang dikandung di dalam shampoo adalah detergen, semacam sabun untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Budaya masyarakat kita, menilai shampoo adalah bahwa sahmpoo itu harus berbusa sehingga orang lebih suka. Untuk itulah dalam kandungan shampoo, dimasukkan juga bahan pembentuk busa yang bila kebanyakan akan mengakibatkan iritasi pada kulit kepala sehingga menyebabkan gatal.
Shampoo juga diberikan bahan pengawetnya agar dapat disimpan lama, bahan yang dapat melarutkan garam-garam yang melekat pada rambut, bahan pewarna dan bahan pewangi. Shampoo sebagaimana halnya sabun memiliki syarat yaitu haruslah tidak mengganggu fisiologi rambut dan kulit kepala. Oleh sebab itu, kandungan pH-nya harus seimbang dan tidak alkalis. Bila keadaan ini tidak terpenuhi, maka shampoo sering mengakibatkan timbulnya ketombe pada rambut. Banyak busa pada shampoo belum menentukan bahwa shampoo itu kualitasnya baik, malahan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kepala sehingga timbul gatal-gatal.
Pencucian dengan shampoo ataupun dengan shampoo yang sudah dilengkapi dengan conditioner sekalipun, dapat menyebabkan rambut kehilangan kandungan minyaknya selain menghilangkan kotorannya. Ini akan menyebabkan sisik rambut ( kutikula ) terbuka sehingga rambutt menjadi kering.
Conditioner mengandung bahan yang bersifat agak asam sehingga dapat merapikan kembali sisik-sisik rambut yang tadinya terbuka sewaktu dicuci dan rambut menjadi terlihat lebih lembut. Maka dianjurkan sehabis menggunakan shampoo, gunakanlah hair conditioner untuk menutup kembali sisik-sisik kutikula rambut yang terbuka dan mengembalikan rambut pada kondisinya yang terbaik yaitu lembut, mudah disisir, mudah dipola dan cantik berkilau.
Hair tonic atau tonik rambut dimaksudkan untuk menguatkan akar rambut, menyuburkan pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan rambut serta menyehatkan kulit kepala sehingga dapat mencegah terjadinya ketombe. Hair tonic umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat merangsang sirkulasi darah ke arah rambut sehingga bahan-bahan makanan untuk akar rambut, vitamin-vitamin, bahan penguat rambut dapat diserap dan bermanfaat untuk akar rambut dan kulit kepala. Penggunaan hair tonic, dianjurkan setiap hari guna mendapatkan akar rambut yang kuat, pertumbuhan rambut yang subur dan pencegah kerontokan rambut.
Shampoo dan conditioner dapat digunakan setiap 2 –3 hari sekali, bahkan shampoo yang baik dapat dipergunakan setiap hari. Hair tonic lebih baik digunakan setiap hari pada waktu pagi dan atau malam hari.

No comments:

Post a Comment