Monday 30 January 2017

Pilihan Disain pada Finger Wave



Pilihan Disain pada Finger Wave

Perlu diingatkan sebelumnya, bahwa latihan pembuatan finger wave harus banyak dilakukan karena finger wave merupakan dasar pembuatan ikal atau gelombang yang dapat dipadukan dengan teknik lain dan bisa digunakan pada disain penataan sanggul atau disain penataan rambut lepas (terurai).
Finger wave dapat dibuat di bagian mana saja, sesuai dengan kebutuhan disain itu sendiri. Penataan sanggul pada bagian muka (depan) atau bagian sisi kanan atau kiri, banyak diilhami oleh pembuatan finger wave. Demikian juga, beberapa disain rambut pada bagian belakang sering menggunakan teknik ini, baik dibuat langsung maupun dibuat pada rambut tambahan (hairpiece). Finger wave dapat pula dibuat secara tegak lurus (horizontal) atau bentuk disain yang lain. Jika tidak dikehendaki gelombang yang permanen, dapat digunakan kosmetika pratata yang pada umumnya berbentuk gel (jelly), dengan proses pengerjaan seperti teknik pratata yang lain. Pengeringan dilakukan di bawah kap pengering dengan dilindungi oleh pemakaian jala rambut yang lebih rapat.
Dengan keterampilan yang baik, seorang hairdresser dapat membuat disain penataan dengan menggunakan teknik ini tanpa mengikuti prosedur seperti di atas. la dapat membuat finger wave dengan bantuan jepit rambut besar (jepit bebek) dan hairspray untuk menetapkan bentuk yang terjadi. Dan kami yakin, jika Anda banyak melakukan latihan, Anda pun dapat melakukannya!

1.      Finger Wave Mendatar dengan Belahan Sisi Kiri

Cara pembuatan finger wave dengan belahan (sibakan) rambut pada sisi kiri,sama seperti contoh yang sudah diuraikan sebelumnya. Bagian rambut yang lebih banyak (tebal), berada di sebelah kanan sedangkan bagian rambut sebelah kiri lebih sedikit. Berikut ini akan diperlihatkan cara penataan finger wave dengan belahan pada sisi kiri yang dilakukan secara mendatar.
a.       Terlebih dahulu kenakan kos­metika secara merata pada seluruh rambut. Siapkan belahan rambut pada sisi kiri.

b.      Baris (ridge) pertama finger wave dilaksanakan dari sebelah kanan menuju ke kiri, secara bertahap dengan besar gelombang yang sama.

c.       Selanjutnya, buatlah garis kedua yang dimulai dari sisi sebelah kiri menuju ke kanan, dengan besarnya gelombang yang sama sepanjang garis tersebut secara ber-kesinambungan, tanpa putus/ patah.


d.      Lakukan hal yang sama untuk baris-baris berikutnya, yang mana baris ketiga dimulai pembuatannya dari sisi sebelah kanan, baris keempat dimulai dari sisi sebelah kiri menuju ke kanan. Demikian seterusnya sampai selesai dikerjakan.

Banyaknya baris (ridge) pada seluruh kepala tergantung pada besar kecilnya ikal/gelombang yang diharapkan. Variasi pincurl dapat dilakukan pada ujung rambut jika dikehendaki, terutama pada rambut yang panjangnya melebihi tengkuk. Arah ikal pada pincurl disesuaikan dengan arah ikal finger wave pada baris terakhir.
Berikut ini adalah alternatif dalam pembuatan finger wave, yang mana gelombang ikal dibuat secara miring (diagonal). Cara pembuatan sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, perbedaannya hanya pada pembuatan/ penentuan arahnya.


2.      Finger Wave Tegak Lurus
Finger wave tegak lurus sangat berbeda dengan finger wave yang mendatar, yang mana baris dan gelombang terlihat berdiri tegak. Namun demikian, teknik pembuatannya sama dengan teknik pembuatan finger wave yang horizontal (mendatar), yakni:
a.         Buat lengkungan (shape) pada sisi sebelah kanan, jika belahan berada pada sisi kanan. Baris pertama pembuatan ikal/gelombang dimulai dari parting dekat telinga. Ikal pertama dibuat mengarah ke tulang pipi. Baris pertama akan berakhir di belakang telinga kanan.

b.        Baris kedua dimulai dari garis pertumbuhan rambut pada bagian depan belahan. Buatlah ikal/gelombang te­gak lurus seperti yang di­buat pada baris pertama secara berkesinambungan.


c.         Baris ketiga dimulai dari belahan (sibakan) rambut dengan arah yang sama secara berkesinambungan. Lakukan hal yang sama untuk bagian sebelah kiri.

No comments:

Post a Comment